...
Hai, Sunset People !

Ditunggu ya, nanti aku kasih tau kalo udah relese

Sunset di Kebun Kembali Hadir Untuk Mengenalkan Konservasi Tumbuhan dan Pesan Lingkungan Melalui Program yang Seru untuk Generasi Muda

Purwodadi, 15 Maret 2024

Kebun Raya merupakan pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi sebagai tempat wisata yang sarat akan edukasi keanekaragaman hayati Indonesia. Di sisi lain, keberadaan Kebun Raya juga diharapkan dapat memicu kecintaan terhadap lingkungan.

Indonesia saat ini memiliki empat Kebun Raya unggulan yang dikenal oleh masyarakat luas, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bali. Empat Kebun Raya tersebut merupakan Kebun Raya dibawah naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang bermitra dengan PT. Mitra Natura Raya (KebunRaya.id) dalam kemitraan pelayanan publik sejak 1 Januari 2020. Kemitraan ini merupakan sinergi strategis dimana BRIN dapat menjalankan fungsi utamanya dalam kegiatan penelitian dan konservasi tumbuhan sedangkan KebunRaya.id bertugas menyelenggarakan berbagai fungsi pelayanan publik yang sesuai dengan fungsi dan pilar kebun raya, yaitu membawa pesan edukasi dan konservasi lingkungan ke masyarakat luas dengan bahasa yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Setelah sukses tahun sebelumnya, empat Kebun Raya tersebut kembali menghadirkan Sunset di Kebun pada tahun 2024. Ini adalah sebuah program pertunjukan musik yang bersifat intimate show dengan pesan mencintai lingkungan. Program Sunset di Kebun ini adalah program yang dibuat sebagai perpanjangan dari lima fungsi kebun raya yakni konservasi, edukasi, wisata, penelitian dan jasa lingkungan. Acara ini dilakukan sebagai ajang untuk mengedukasi sisi konservasi kepada anak muda dengan memperkenalkan plant heroes pada setiap pelaksanaannya melalui bahasa musik dan program lain nya.

Sunset di Kebun Raya Purwodadi

Sunset di Kebun pertama pada tahun 2024 dalam waktu dekat akan diadakan di Kebun Raya Purwodadi pada 2-3 Maret 2024 mendatang. Acara ini digelar untuk mengajak anak muda agar lebih mengenal alam, memperkenalkan flora yang ada di Kebun Raya. Selain itu, pelaksanaan event ini diharapkan bisa memperkenalkan Kebun Raya sebagai lokasi yang nyaman dan bisa menjadi destinasi wisata. 

Acara utama Sunset di kebun adalah konser musik dari musisi papan atas yang terbagi dalam dua hari penampilan. Pada hari pertama, ada penampilan dari Fiersa Besari, IDGITAF, Juicy Luicy, Girl & Her Bad Mood dan dua musisi eksplorasi musik terpilih yaitu Trilogic dan Codeine. Sementara itu, artis yang akan tampil hari kedua adalah Nadin Amizah, Fourtwnty, Iksan Skuter, Thee Marloes serta dua musisi eksplorasi musik terpilih yaitu Kos Atos dan Celia Noreen. 

“Sunset di Kebun tidak hanya menyuguhkan keindahan alam Kebun Raya tetapi juga menghadirkan beberapa program-program peduli lingkungan. Hal yang membedakan Sunset di Kebun dengan pertunjukan lainnya adalah dengan mengusung tema Intimate Music show with Green, Conservation and Culture Movement, penonton akan diajak pada suasana lebih dekat dengan musisi favoritnya, nuansa lebih intim akan terasa, penonton lebih santai menikmati alunan musik yang lebih mendalam, bahkan sang musisi pun akan turut berbaur dengan penonton di sejuknya suasana sore hari Kebun Raya,” ujar General Manager Event Kebun Raya, Abi Irawan.

Selain acara musik, ada beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang sesuai dengan sub program dari  Sunset di Kebun yakni Culture, Conservation, Lesstari, dan program baru yakni Natura. Pertama, Culture yaitu sisi kebudayaan yang ingin diangkat pada pelaksanaan Sunset di Kebun adalah dengan mempertahankan kearifan budaya lokal baik melalui musik ataupun tarian yang ada dengan cara beradaptasi dan bertahan dari banyaknya gempuran modernisasi yang kian berkembang. Sunset di Kebun bekerjasama dengan sanggar tari Maruto (sanggar lokal asal Malang) yang menghadirkan Seni Tari Kucingan pada hari pertama pelaksanaan dan juga Reyog Ponorogo pada hari kedua.

Kedua, program conservation adalah konservasi sebagai salah satu dari lima fungsi Kebun Raya menjadi inisiasi awal dari penyelenggaraan Sunset di Kebun. Tujuan dari program ini adalah untuk mengenalkan pentingnya Kebun Raya sebagai ekosistem yang harus dijaga dan mengajak generasi muda untuk tetap peduli pada ekosistem Flora. Sunset di Kebun akan mengenalkan dan mengedukasi penonton tentang  plant heroes yang berbeda pada setiap pelaksanaannya. Pada pelaksanaan Sunset di Kebun, Kebun Raya Purwodadi ini tanaman yang akan kita angkat adalah Nepenthes (Kantong Semar). Secara ekologis, tumbuhan ini juga berfungsi sebagai pengendali hama serangga dan berperan sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) di udara yang merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Kebun Raya Bogor menjadi salah satu tempat konservasi ex situ keanekaragaman jenis Nepenthes dan tumbuhan karnivora lainnya.

Ketiga, program Lesstari, diambil dari kata sifat Less yang berarti mengurangi dan Lestari yang artinya keberlanjutan. Lesstari merupakan sebuah program keberlanjutan yang menekankan pada prinsip mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan demi menjaga kelangsungan hidup. Melalui program Lesstari Sunset di Kebun mengajak penonton untuk meminimalkan dampak negatif, salah satunya dampak negatif dari sampah terhadap lingkungan. Pada program Lesstari ini Sunset di Kebun bekerjasama dengan Kolektif Plastik, menyebarkan empat drop box botol plastik ke seluruh area untuk memilah sampah botol plastik yang kemudian akan dijadikan barang yang memiliki nilai.

Terakhir ada program baru natura, sebuah program baru yang mengajak penonton untuk lebih meng-explore area hijau dimana area ini menyajikan spot baru untuk bermain dan belajar di alam terbuka. Program Natura terdiri beberapa kegiatan menarik seperti warna – warni, edukasi tanaman serta singing plant.

Sunset di Kebun juga dimeriahkan oleh beberapa tenant F&B, tenant non F&B dan tenant dari Kebun Raya Sendiri menyediakan booth makanan dengan signature menu yakni Sunset Punch, Chicken Pops, dan juga Kopi kebun Raya. Untuk merchandise, di lokasi acara Sunset di Kebun terdapat Sunset Store yang menyediakan merchandise kolaborasi dengan partner yakni Artch untuk produk apparel dan juga Eboni watch untuk produk jam tangan kayu.

Acara ini ditujukan untuk pelajar, mahasiswa, keluarga muda dengan rentang usia 18-34. Namun tidak menutup kemungkinan penonton diluar usia tersebut. Target penonton sendiri per harinya sekitar 3.500 penonton. Harga tiket Sunset di Kebun mulai dari Rp 185.000 untuk tiket reguler harian, dan Rp 325.000 untuk tiket 2 days pass. Tiket Sunset di Kebun sudah termasuk tiket Kebun Raya. Untuk tiket VIP seharga Rp 350.000 sudah termasuk tiket Kebun Raya, beanbag, dan juga tanaman plant heroes. Untuk tiket Intimate Couple seharga Rp 350.000 (termasuk tiket Kebun Raya, dan dua buah tiket reguler day 1 atau day 2). Untuk tiket Bestree seharga Rp 450.000 (termasuk tiket Kebun Raya, dan tiga buat tiket reguler day 1 atau day 2). Beberapa kategori tiket seperti VIP, Intimate Couple, Bestree sudah sold out, tapi masih tersedia untuk tiket reguler yang dapat dibeli di sunset.kebunraya.id

Acara ini juga diharapkan bisa meningkatkan sisi wisata masyarakat ke Kebun Raya setelah hadir pada program Sunset di Kebun. Tak hanya di Kebun Raya Purwodadi, event ini juga dilaksanakan di Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Bali.

 

Other News


Sunset di Kebun Raya Bali 2023 Siap Digelar 8 – 9 Juli 2023, Feby Putri, Soegi Bornean dan musisi lainnya bakal tampil memesona
Sunset di Kebun Raya Bali 2023 Siap Digelar 8 – 9 Juli 2023, Feby Putri, Soegi Bornean dan musisi lainnya bakal tampil memesona

Bali, 07 Juli 2023

Gelaran musik candu bertajuk Sunset di Kebun mengusung konsep Intimate Show siap digelar di Kebun Raya Bali pada 8 – 9 Juli 2023 mendatang.

Nuansa alam yang indah yang dimiliki Kebun Raya Bali sangat memberikan motivasi dan inspirasi bagi penonton yang akan hadir. Dibalut dengan alunan harmoni...

Read More
Menyuarakan Konservasi Alam Melalui Pertunjukan Musik dengan Latar Kebun Raya
Menyuarakan Konservasi Alam Melalui Pertunjukan Musik dengan Latar Kebun Raya

Purwodadi, 25 Agustus 2023

Kebun Raya merupakan pusat konservasi yang mempunyai 5 pilar di dalamnya yaitu fungsi konservasi, wisata alam, edukasi, jasa lingkungan dan penelitian. Kebun Raya Purwodadi sebagai kawasan konservasi ex-situ memiliki ribuan koleksi tumbuhan. Kebun Raya Purwodadi merupakan satu dari 4 Kebun Raya yang ada di Indonesia yang dikelola oleh BRIN.
...

Read More
Sunset di Kebun, Ketika Konservasi Digaungkan Dengan Cara yang Unik
Sunset di Kebun, Ketika Konservasi Digaungkan Dengan Cara yang Unik

Cibodas, 28 November 2023

Kebun Raya sebagai bagian penting dari ekosistem tumbuhan yang merupakan pusat konservasi yang mempunyai 5 pilar di dalamnya yaitu fungsi konservasi, wisata alam, edukasi, jasa lingkungan dan penelitian. Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu Kebun Raya yang ada di Indonesia yang dikelola oleh BRIN, memiliki fungsi sebagai kawasan konservasi ex-situ...

Read More
Kebun Raya hadirkan Sunset di Kebun 2024. Sebuah Program pertunjukan musik yang bersifat intimate show dengan pesan mencintai lingkungan.
Kebun Raya hadirkan Sunset di Kebun 2024. Sebuah Program pertunjukan musik yang bersifat intimate show dengan pesan mencintai lingkungan.

Bogor, 11 Januari 2024

Kebun Raya adalah merupakan pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi sebagai tempat wisata yang sarat akan edukasi keanekaragaman hayati Indonesia, keberadaan Kebun Raya juga diharapkan dapat memicu kecintaan terhadap lingkungan. Indonesia saat ini memiliki 4 (empat) Kebun Raya unggulan yang dikenal oleh masyarakat luas, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya...

Read More
Sunset di Kebun Kembali Hadir Untuk Mengenalkan Konservasi Tumbuhan dan Pesan Lingkungan Melalui Program yang Seru untuk Generasi Muda
Sunset di Kebun Kembali Hadir Untuk Mengenalkan Konservasi Tumbuhan dan Pesan Lingkungan Melalui Program yang Seru untuk Generasi Muda

Purwodadi, 15 Maret 2024

Kebun Raya merupakan pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi sebagai tempat wisata yang sarat akan edukasi keanekaragaman hayati Indonesia. Di sisi lain, keberadaan Kebun Raya juga diharapkan dapat memicu kecintaan terhadap lingkungan.

Indonesia saat ini memiliki empat Kebun Raya unggulan yang dikenal oleh masyarakat luas, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun...

Read More
Menyuarakan Pesan Konservasi dengan Pertunjukan Musik, Program Natura dan Edukasi Melalui  Sunset di Kebun
Menyuarakan Pesan Konservasi dengan Pertunjukan Musik, Program Natura dan Edukasi Melalui Sunset di Kebun

Bogor, 29 April 2024

Setelah sukses tahun sebelumnya, empat kebun raya yang terdiri dari Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bali kembali menghadirkan Sunset di Kebun pada tahun 2024. Ini adalah sebuah program pertunjukan musik yang bersifat intimate show dengan pesan mencintai lingkungan. 

Kebun Raya berada dibawah naungan...

Read More

Latest News
Sunset di Kebun Raya Bali 2023 Siap Digelar 8 – 9 Juli 2023, Feby Putri, Soegi Bornean dan musisi lainnya bakal tampil memesona
Sunset di Kebun Raya Bali 2023 Siap Digelar 8 – 9 Juli 2023, Feby Putri, Soegi Bornean dan musisi lainnya bakal tampil memesona

Bali, 07 Juli 2023

Gelaran musik candu bertajuk Sunset di Kebun mengusung konsep Intimate...

Menyuarakan Konservasi Alam Melalui Pertunjukan Musik dengan Latar Kebun Raya
Menyuarakan Konservasi Alam Melalui Pertunjukan Musik dengan Latar Kebun Raya

Purwodadi, 25 Agustus 2023

Kebun Raya merupakan pusat konservasi yang mempunyai 5 pilar di...

Sunset di Kebun, Ketika Konservasi Digaungkan Dengan Cara yang Unik
Sunset di Kebun, Ketika Konservasi Digaungkan Dengan Cara yang Unik

Cibodas, 28 November 2023

Kebun Raya sebagai bagian penting dari ekosistem tumbuhan yang merupakan...

Kebun Raya hadirkan Sunset di Kebun 2024. Sebuah Program pertunjukan musik yang bersifat intimate show dengan pesan mencintai lingkungan.
Kebun Raya hadirkan Sunset di Kebun 2024. Sebuah Program pertunjukan musik yang bersifat intimate show dengan pesan mencintai lingkungan.

Bogor, 11 Januari 2024

Kebun Raya adalah merupakan pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi...

Sunset di Kebun Kembali Hadir Untuk Mengenalkan Konservasi Tumbuhan dan Pesan Lingkungan Melalui Program yang Seru untuk Generasi Muda
Sunset di Kebun Kembali Hadir Untuk Mengenalkan Konservasi Tumbuhan dan Pesan Lingkungan Melalui Program yang Seru untuk Generasi Muda

Purwodadi, 15 Maret 2024

Kebun Raya merupakan pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi sebagai...

Menyuarakan Pesan Konservasi dengan Pertunjukan Musik, Program Natura dan Edukasi Melalui  Sunset di Kebun
Menyuarakan Pesan Konservasi dengan Pertunjukan Musik, Program Natura dan Edukasi Melalui Sunset di Kebun

Bogor, 29 April 2024

Setelah sukses tahun sebelumnya, empat kebun raya yang terdiri dari...